Update SEO | Trik Mudah Menaikkan Domain Authority (DA)

Tips Mudah Menaikkan Domain Authority Website

Domain Authority atau sering di kenal dengan istilah DA merupakan metrik situs yang dikembangkan oleh Moz, ini adalah salah satu nilai yang paling penting untuk urusan SEO. Karena semakin besar nilai DA dari website atau blog yang anda miliki maka akan semakin besar kemungkinannya untuk memiliki lalulintas yang kuat dan memiliki peringkat yang tinggi di mesin pencari.

Lalu pertanyaannya adalah, apakah ada otoritas suatu domain yang dapat kita ubah untuk bisa mendapatkan nilai tersebut? Saya yakin ada beberapa hal praktis yang sangat mungkin dan dapat kita lakukan untuk meningkatkan jumlah nilai yang penting ini.

Domain Authority (DA)

Sebelum kita masuk ke pembahasan meningkatkan nilai DA, kami akan sedikit memberi beberapa kunci tentang DA dan ini akan membantu kita untuk lebih bisa memahami bagaimana kita dapat meningkatkan nilai Domain Authority.

  • DA atau Domain Authority didasarkan daripada banyak faktor penentu. Ini adalah hubungan faktor profil seperti berapa banyak link yang menuju ke situs web atau blog kita, dan bagai mana otoritatif situs tersebut bekerja.
  • Untuk mendapatkan nilai 100 pada DA akan sangat sulit untuk dilakukan. Tetapi bukan berarti tidak bisa. Konon, hanya situs seperti facebook dan google yang hanya memiliki nilai DA 100, jadi jangan kecewa jika kita tidak pernah mencapai nilai tersebut.
  • Nilai DA tidak dapat dipengaruhi secara langsung seperti halnya kita mengganti kode warna html di dalam situs kita.

Bagaimana Meningkatkan Domain Authority (DA) Dengan Benar?

Meningkatkan nilai DA memang tidak bisa kita lakukan dengan semudah dan secepat seperti mengganti kode warna didalam html, tetapi kita diharuskan melakukan usaha sedikit demi sedikit untuk bisa melakukannya.

Memiliki profil link yang baik adalah hal yang paling dasar dalam kasus ini, ditahap ini kita diharuskan untuk melakukan 2 hal:
  • Membuang Backlink yang buruk
  • Mendapatkan Bancklink yang baik
Untuk pembahasan ciri-ciri backlink yang baik dan buruk akan kami bahas di sesi berbeda dengan sesi ini.

Jika anda pernah memberikan backlink buruk kepada suatu situs yang kita miliki, kita diharuskan untuk menghapus URL tersebut. Jika tidak bisa, jalan lain adalah bersabar dan mencari backlink yang baik untuk situs kita. Untuk mendapatkan backlink yang baik dan berkualitas, kita bisa menggunakan jasa SEO yang memang diakui benar-benar berkualitas sehingga memberi jaminan backlink yang mereka tawarkan. Atau anda bisa membuat artikel yang benar-benar bermanfaat bagi target situs kita, sehingga akan mendatangkan pengunjung dan mereka yang akan memberikan backlink baik ke situs kita secara sukarela.

Berikut akan kami tunjukkan kepada sahabat Micro 5 hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan nilai Domain authority.

1. Memastikan Teknik SOE Kita Benar

Trik Jitu SEO

Teknik SEO adalah landasan penting bagi situs. Meningkatkan SEO One Page sudah seharusnya kita lakukan agar situs dapat bekerja dengan baik untuk meraih peringkat atas di search engine (mesin pencari). Kita dapat mengoptimalkan robot.txt atau memetakan struktur URL dan lainnya. Dengan teknik SEO yang benar adalah upaya inti untuk memperbaiki nilai DA.

Didalam Moz dijelaskan, untuk meningkatkan nilai DA kita perlu meningkatkan SEO secara keseluruhan yang ada di dalam situs kita. Mulai dari Navigasi yang mudah, struktur URL, kata kunci, tag alt, tag header, meta tag, jumlah kata, dan lain lain. Konten marketing dan SEO membutuhkan satu sama lain, keduanya benar-benar berjalan secara bersamaan.

2. Peran Media Sosial

Cara Meningkatkan Visitor Blog Lewat Sosial Media

Sosial media seperti Facebook, Youtube, Instagram, Twitter, Linkedin dan yang lainnya merupakan tempat gratis untuk membagikan artikel serta menaruh link menuju situs yang kita miliki, di sisi lain media sosial dapat kita gunakan untuk mendatangkan trafik selain dari mesin pencari.

Google juga terus memberi upgrade algoritma mereka mengenai peringkat situs pada otoritas sosial media. Jika jangkauan situs kita sangat populer di pengguna sosial media, maka situs akan mengalami kenaikan secara bertahap dan mempengaruhi peringkat di posisi mesin pencari. Dalam kasus ini menunjukkan bahwa media sosial jelas sangat penting untuk meningkatkan nilai Domain Authority dan popularitas situs. Jadi, kita diharuskan untuk melakukan berbagi artikel ke berbagai sosial media agar nilai DA situs dapat meningkat.

3. Membangun Jaringan situs (Internal Link)

Menjalin jaringan yang kuat di dalam suatu situs yang berguna menguntungkan pengguna yang menjelajah dan mesin pencari yang mengindeks situs. Sebuah situs yang tidak memiliki internal link merupakan situs yang sangat buruk dan sangat lemah dalam kategori SEO.

Dalam hal memiliki banyak konten adalah kita akan memiliki banyak konten-konten yang saling berhubungan, dan semakin banyak link yang kita kaitkan antara konten satu dengan konten lain yang kita buat situs kita kan memiliki kemampuan yang lebih besar untuk membuat jaringan situs yang sangat kuat.

4. Menghapus Backlink Spam (Spam Link)

Cara Menghapus Spam di blog

Kita harus menghapus backlink yang buruk, sesekali kita harus menggali profil link kita untuk menemukan link spam dan menyingkirkannya dari situs selamanya.

Jika kita melakukan cara ini dengan terjadwal, kita akan mendapat keuntungan kompetitif yang besar dan memiliki link profil yang sangat bersih dan rapi, hal ini yang di idam-idamkan oleh para pemain SEO dari masa ke masa, dan ini adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan hal tersebut. Jika profil kita dipenuhi dengan backlink spam, kita tidak akan mengalami keberhasilan dalam pemasaran konten. Nilai DA kita akan tetap rendah dan kalah bersaing di mesin pencari atau popularitas site.

5. Usia Domain

Salah satu faktor yang juga mempengaruhi dalam kasus Meningkatkan Nilai DA adalah usia domain. Secara umum semakin tua usia domain, maka akan semakin tinggi kewenangannya di mata search engine.

Usia domain tidak diterjemahkan secara otomatis kedalam otoritas domain. Jika domain mengalami kualitas menurun dan mempertahankan teknik SEO yang sudah usang dan tidak memiliki konten update atau membangun profil Link cruddy, domain tersebut akan kehilangan nilai dari DA.

Ketika kita mengejar nilai DA dengan konten marketing, secara bertahap kita akan melihat kenaikan nilai DA. Yang kami maksud disini bahwa hal itu membutuhkan waktu, memiliki situs dengan SEO yang bagus tidak terjadi dalam sehari bekerja. Dan SEO yang kuat membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Kesimpulan:

  • Memastikan SEO pada situs kita berjalan dengan normal sebelum melangkah lebih jauh lagi dalam mengejar DA yang tinggi. (lakukan dengan berkala)
  • Membagikan URL dari konten yang baru kita buat adalah hal bijak dalam mengejar nilai DA dan popularitas situs. (lakukan dengan wajar)
  • Mengaitkan URL konten satu sama lain jika ada konten atau artikel yang relevan dalam situs, semakin banyak URL saling berkaitan semakin memudahkan pengunjung untuk melihat konten-konten lain didalam situs kita. Situs yang memiliki link internal kuat akan menjadikan situs tersebut mempunyai SEO tangguh. (lakukan dengan wajar)
  • Cek dan bersihkan secara berkala backlink spam didalam setiap URL yang ada di situs kita untuk mendapatkan profil yang bersih. (lakukan dengan extream)
Sekian untuk bahasan Meningkatkan Nilai Domain Authority (DA). Semoga bermanfaat dan jika ada yang kurang bisa dipahami bisa ditanyakan melalui kontak atau kolom komentar.
Senang bisa berbagi, Salam sahabat Micro.
Load disqus comments

0 Comments